AGROTEKNOLOGI

27 February 2018


 Visi, misi, tujuan, dan sasaran serta strategi pencapaian Fakultas 

VISI: Menjadi Fakultas Pertanian yang unggul dan terdepan dalam menghasilkan sarjana yang profesional dibidang Agroteknologi dan peternakan, berbasis lingkungan dan religius pada tahun 2033.

Unggul Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) dikenal luas oleh masyarakat dan menjadi rujukan pada tingkat regional, pilihan utama masyarakat.

Sarjana yang profesional Seorang Sarjana Pertanian dan Sarjana Peternakan yang mempunyai kompetensi di bidang pertanian dan peternakan, mempunyai ketajaman analisis dan kemandirian berfikir, serta mampu mengembangkannya pada dunia kerja.

Berbasis Lingkungan Sarjana lulusan Fakultas Pertanian UNPAB harus bisa menghargai alam dan lingkungannya, dan melestarikannya.

Religius Sarjana lulusan Fakultas Pertanian UNPAB harus bisa bersikap jujur pada aplikasi bidang pertanian, dan memiliki sikap (attitute) yang baik,dengan metode pengajaran yang memberikan pemahaman dan pengenalan religius mengutamakan terhadap cinta lingkungan dan nilai-nilai (values) Profesional, Attitude, Devotion, Integrity (PADI).

Misi: 

  1. Menyelenggarakan pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dibidang pertanian terpadu berkelanjutan skala nasional berbasis religius.
  2. Menghasilkan lulusan yang Unggul, Mandiri, Etos Kerja Tinggi, mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berorientasi pada masa depan.
  3. Meningkatkan sistem manajemen dan peningkatan sumberdaya manusia yang handal.
  4. Meningkatkan kerjasama dengan stakeholders yang berskala Nasional dan Internasional. 

 

Rumusan Misi diatas dapat dijabarkan sebagai berikut :

  1. Unggul : Dalam Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian di bidang terpadu berkelanjutan pada tingkat nasional.
  2. Profesional : Menghasilkan lulusan yang unggul, Mandiri, Etos Kerja Tinggi,mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berorientasi pada masa depan.
  3. Dalam Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian dengan berbasis lingkungan, dosen dan mahasiswa melaksanakannya dengan memperhatikan alam dan lingkungan
  4. Dalam Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian secara religius, dosen dan mahasiswa melaksanakannya dengan mengikuti kaidah yang sesuai dengan hukum dan agama.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam penguasaan teori dan praktek di bidang Agroteknologi dan Peternakan.
  2. Menghasilkan lulusan dibidang Agroteknologi dan Peternakan yang profesional, bermoral, terampil dalam menghadapi tuntutan dunia kerja.
  3. Menghasilkan lulusan yang religius dan mampu melaksanakan tugas dalam mengabdikan ilmunya di masyarakat.
  4. Menghasilkan lulusan yang jujur, dan dapat melestarikan sumber daya alam dan lingkungan.   

Visi Program Studi Agroteknologi

Pada Tahun 2033 menghasilkan Sarjana Pertanian yang berkarakter religius, mandiri dan mampu mengembangkan sistem pertanian terpadu berkelanjutan. Makna yang terkandung dalam visi tersebut diatas dijabarkan sebagai berikut :

 

Religius

Sarjana lulusan Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian UNPAB harus bisa menjaga dan melestarikan lingkungan, jujur pada aplikasi bidang pertanian, dan memiliki sikap (attitute) yang baik. Adapun metode pengajaran yang memberikan pemahaman dan pengenalan religius mengutamakan terhadap cinta lingkungan dan nilai-nilai (values) Profesional, Attitude, Devotion, Integrity (PADI) dan tamadun mandiri.

Mandiri

Civitas akademika program studi Agroteknologi yang mempunyai kompetensi di bidang pertanian dan mempunyai ketajaman analisis dan kemandirian berfikir, untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan pada dunia usaha/industri.

Sistem Pertanian Terpadu berkelanjutan

Civitas akademika Program studi Agroteknologi yang mempunyai kompetensi di bidang pertanian dan mempunyai kemampuan untuk melaksanakan good agricultural practices (GAP).

Misi Program Studi Agroteknologi

Program Studi Agroteknologi mengemban Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan metode SCL dan  praktical science bidang pertanian berkelanjutan.
  2. Melaksanakan penelitian bidang pertanian terpadu berkelanjutan dan menerapkan hasil penelitian melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat
  3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sarana-prasarana, dan efektivitas manajemen organisasi Program Studi Agroteknologi.
  4. Meningkatkan kerjasama dengan stakeholders yang berskala Nasional dan Internasional

 

Misi Program Studi Agroteknologi tersebut dapat di jabarkan sebagai berikut

  1. Dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran program studi mengacu kepada nilai-nilai religius dan pembentukan karakter yang tertuang dalam Rancangan Pembelajaran Semester (RPS).
  2. Melaksanakan penelitian bidang pertanian terpadu berkelanjutan bagi mahasiswa dan dosen di Rencana Induk Pengembangan (RIP 2009-2033) LPPM dan ROAD MAP Penelitian Fakultas Pertanian Tahun 2013-2023. Menerapkan hasil penelitian melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat bagi mahasiswa dan dosen di desa binaan.
  3. Menigkatakan kualitas sumber daya manusia agar lebih mandiri dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, tertuang dalam RENSTRA dan RENOP tahunan.
  4. Meningkatkan Implementasi kerjasama dalam kegiatan tridharma perguruan tinggi.

Tujuan Program Studi Agroteknologi

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan ilmu dan teknologi produksi pertanian dalam upaya peningkatan produktifitas pertanian.
  2. Menghasilkan lulusan yang menguasai dan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi produksi pertanian berdasarkan kaidah-kaidah keagamaan.
  3. Menghasilkan lulusan yang unggul memiliki jiwa enterpreneur, mandiri, etos kerja tinggi, mampu mengebangkan diri secara berkelanjutan dan berorientasi pada masa depan.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu mengelola dan memecahkan masalah produksi pertanian dataran rendah dan dataran tinggi.
  5. Menghasilkan publikasi teknologi produksi pertanian berbasis sistem pertanian berkelanjutan melalui penelitian yang relevan.

Visi

Menjadi Perguruan Tinggi Swasta Yang Terkemuka Berbasis Religius Dalam Mengembangkan IPTEK Yang Bermanfaat Bagi Kemaslahatan Umat.

Misi

  1. Melaksanakan Pengabadian Sesuai Dengan Piagam Panca Budi, Mengabdi Kepada Tuhan YAng Maha Esa, Negara, Nusa, Bangsa dan Dunia
  2. Mengembangkan IPTEK Berdasarkan Al-Quran dan HAdist, Mencerdaskan Kehidupan Bangsa Dengan Menggali Sumber -Sumber Ilmu Yang Berfaedah Dalam Bidang IPTEK dan IMTAQ.
  3. Melaksanakan Pendidikan, Penelitian dan PEngabdian Untuk Bangsa dan Negara Republik Indonesia YAng Mutunya Dapat Bersaing Secara NAsional dan International Dalam Fitrah Pengabdian Terhadap Allah SWT.
  4. Mendorong fungsi kekhalifahan dalam mewujudkan kebahagian kehidupan menusia dalam dimensi dunia dan akhirat.
  5. Melestarikan sumberdaya alam dan lingkungan serta kehidupan sesuai dengan syariat islam.

Universitas Pembangunan Panca Budi

Sains dan Teknologi

Jl. Jend. Gatot Subroto Km. 4,5 Medan

111
222

"Kampus Asri, Bersih, Lestari dan Hemat Energi"